Pekan Orientasi Ustdz. H. Bedi Sutra Irawan.,S.Ag.M.Pd


Ust. H. Bedi Sutra Irawan.,S,Ag.M.Pd
Ust. H. Bedi Sutra Irawan.,S,Ag.M.Pd

Bogor-Pekan orientasi hari ke 3 sesi ke 3 pondok pesantren darurrahmah, pada hari ini masih berlanjut pekan orientasi siswa/i, pekan orientasi dipondok pesantren adalah pekan bagi pondok untuk memperkenalkan pondok bagi santri baru. seperti biasa sebelum dimulai kegiatan belajar mengajar (KBM) dipondok pesantren diadakan acara khutbat Al-arsy atau pekan perkenalan. pada sesi ke 3 yang mengisi pekan orientasi adalah Ust. H Bedi Sutra Irawan.,S.Ag.M.Pd yang bertema tentang Pentingnya belajar Eksakta.

Pentingnya belajar eksakta

Ilmu eksakta (atau disebut juga ilmu pasti) adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan metode ilmiah dan pengetahuan yang dapat diukur secara kuantitatif. Ilmu eksakta berfokus pada pembuktian, analisis matematis, dan prediksi yang tepat berdasarkan data dan pengamatan yang akurat.

Beberapa contoh disiplin ilmu eksakta antara lain:

  1. Matematika: Matematika adalah dasar dari semua ilmu eksakta. Ia mencakup berbagai konsep seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan banyak lagi. Matematika membantu kita memahami pola, hubungan, dan struktur dalam berbagai fenomena alam dan buatan.
  2. Fisika: Fisika adalah ilmu alam yang mempelajari prinsip dasar alam semesta, termasuk hukum gerak, mekanika klasik, elektromagnetisme, termodinamika, mekanika kuantum, dan teori relativitas. Fisikawan menggunakan metode ilmiah dan matematika untuk menguji hipotesis, meramalkan peristiwa, dan memahami fenomena alam.
  3. Kimia: Kimia mempelajari komposisi, sifat, dan reaksi zat-zat di alam semesta. Ilmuwan kimia menggunakan metode ilmiah dan matematika untuk memahami struktur atom, molekul, dan reaksi kimia.
  4. Astronomi: Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda di luar angkasa, termasuk bintang, planet, galaksi, dan fenomena alam semesta lainnya. Astronom menggunakan metode pengamatan, matematika, dan fisika untuk memahami gerak dan sifat objek-objek tersebut.
  5. Biologi: Meskipun biologi mencakup berbagai aspek yang tidak selalu eksak, namun ada cabang-cabang biologi yang bersifat eksperimental seperti biokimia, biologi molekuler, dan genetika. Dalam cabang-cabang tersebut, metode ilmiah dan analisis matematis digunakan untuk memahami proses kehidupan pada tingkat molekuler.

Ilmu eksakta cenderung berfokus pada pengujian teori dan konsep dengan menggunakan pendekatan ilmiah yang ketat, pengumpulan data yang akurat, dan analisis statistik. Kemajuan dalam ilmu eksakta telah memberikan banyak kontribusi penting bagi kehidupan manusia melalui pengembangan teknologi, kedokteran, dan pemahaman kita tentang alam semesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Other news

  • Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia

    Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia

    Warta Darurrahmah,Bogor – Pondok Pesantren Darurrahmah menggelar rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023). Acara pertama adalah pertunjukan drama dari siswa-siswi kelas 4. Acara Kedua adalah kirab bendera pusaka dan teks proklamasi diselenggarakan dilapangan hijau ponpes. Peserta Kirab Bendera diisi oleh kelas 4 dan 1 akselerasi. Selanjutnya, pada pukul…

  • HUT Ke-78 RI di Ponpes Darurrahmah Berlangsung Meriah

    WARTA DARURRAHMAH, Bogor — Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) sangat terasa dengan berbagai lomba di Ponpes Draurrahmah, Kp. sanding, Bogor timur. Koordinator Pramuka, Ka Ghofur mengatakan, kegiatan lomba kali ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta memunculkan semangat juang dan nasionalisme. “Di sini kami mengadakan semarak kemerdekaan 17 Agustus dengan mengadakan…

  • Semangatnya Santri Berlatih Panggung Gembira

    Bogor- Pondok Pesantren Darurrahmah dalam setiap tahunnya terdapat acara spektakuler yaitu Panggung Gembira yang mana acara ini melibatkan seluruh santri dan asatidz. Siswa kelas akhir merekalah yang menjadi panitia acara tersebut. Karena acara ini dituntut untuk spektakuler dikegiatan Panggung Gembira ini terdapat tim, tim tersebut dikomandoi oleh asatidz, Ust. Ghofur sebagai ketua Tim yang bertanggung…

× Ada yang bisa kami bantu ?