Latihan Ketangkasan Baris-Berbaris Santri


Bogor-Latihan ketangkasan baris berbaris merupakan serangkaian latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam berbaris secara rapi, kompak, dan terkoordinasi. Latihan ini umumnya dilakukan oleh anggota militer, anggota polisi, atau kelompok pemuda untuk memperkuat disiplin, kedisiplinan, dan solidaritas dalam barisan. Latihan ketangkasan baris berbaris juga dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah atau organisasi lain sebagai bagian dari kegiatan kepramukaan atau kegiatan lain yang memerlukan koordinasi dalam gerak.

Pondok Pesantren Darurrahmah pada awal tahun ajaran baru mengadakan latihan ketangkasan baris-berbaris (LKBB) latihan ini dikomandoi oleh gerakan pramuka Darurrahmah. Ka Ghofur sebagai penanggung jawab acara tersebut mengundang Koramil Gunungputri untuk melatih santri-santri Darurrahmah.

Berikut adalah beberapa contoh latihan ketangkasan baris berbaris:

  1. Langkah Kaki:
    • Latihan ini fokus pada koordinasi langkah kaki dan mengajarkan peserta cara berjalan dengan langkah yang 2. 2. seragam.
    • Pemimpin barisan memberi perintah seperti “Hormat!,” “Kiri, Kanan, Maju!,” “Tempat, Maju!” dan lain sebagainya.
    • Peserta harus mengikuti perintah dengan tepat dan melakukan langkah kaki dengan sinkron.2. Belokan dan Berbalik:
      • Latihan ini membantu peserta dalam memahami teknik belokan dan berbalik dengan rapi dan cepat.
      • Peserta akan diajarkan cara berbelok dan berbalik pada saat barisan berjalan.
      • Perintah seperti “Kanan Belok!” atau “Kiri Balik!” diberikan, dan peserta harus melakukan gerakan tersebut secara kompak.3. Berhenti Mendadak:
        • Latihan ini melatih ketangkasan peserta dalam berhenti mendadak saat berbaris.
        • Pemimpin barisan memberikan perintah “Berhenti!” tiba-tiba, dan semua peserta harus berhenti tepat pada tempatnya dengan cepat dan bersamaan.4. Jarak dan Ruang:
          • Latihan ini melibatkan pemahaman peserta tentang jarak dan ruang antara satu anggota dengan anggota lain di barisan.
          • Peserta harus mempertahankan jarak yang tepat di antara anggota barisan agar barisan terlihat rapi dan kompak.5. Berbaris Mundur:
            • Latihan ini mengajarkan peserta cara berbaris mundur dengan koordinasi yang baik.
            • Pemimpin barisan memberikan perintah “Mundur!” dan peserta harus berbaris mundur dengan langkah kaki yang teratur dan sinkron.6. Latihan Kelincahan:
              • Latihan ini fokus pada peningkatan kelincahan dan ketangkasan fisik peserta dalam menghadapi rintangan atau medan yang sulit.
              • Peserta dapat dihadapkan pada rintangan seperti ban, tiang rendah, atau konfigurasi lain yang menuntut kelincahan dalam berbaris.7. Penambahan Formasi:
                • Latihan ini melibatkan perubahan formasi barisan secara cepat dan terkoordinasi.
                • Pemimpin barisan memberikan perintah untuk mengubah formasi, seperti membentuk kelompok dua baris, formasi V, atau formasi lainnya.

Penting untuk diingat bahwa latihan ketangkasan baris berbaris ini harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta. Fokus pada komunikasi yang jelas dan penguatan kerjasama dalam setiap latihan. Selalu prioritaskan keamanan dan pastikan peserta dilengkapi dengan perlengkapan yang diperlukan seperti sepatu yang nyaman dan pakaian yang sesuai.

In:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Other news

  • Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia

    Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia

    Warta Darurrahmah,Bogor – Pondok Pesantren Darurrahmah menggelar rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023). Acara pertama adalah pertunjukan drama dari siswa-siswi kelas 4. Acara Kedua adalah kirab bendera pusaka dan teks proklamasi diselenggarakan dilapangan hijau ponpes. Peserta Kirab Bendera diisi oleh kelas 4 dan 1 akselerasi. Selanjutnya, pada pukul…

  • HUT Ke-78 RI di Ponpes Darurrahmah Berlangsung Meriah

    WARTA DARURRAHMAH, Bogor — Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) sangat terasa dengan berbagai lomba di Ponpes Draurrahmah, Kp. sanding, Bogor timur. Koordinator Pramuka, Ka Ghofur mengatakan, kegiatan lomba kali ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta memunculkan semangat juang dan nasionalisme. “Di sini kami mengadakan semarak kemerdekaan 17 Agustus dengan mengadakan…

  • Semangatnya Santri Berlatih Panggung Gembira

    Bogor- Pondok Pesantren Darurrahmah dalam setiap tahunnya terdapat acara spektakuler yaitu Panggung Gembira yang mana acara ini melibatkan seluruh santri dan asatidz. Siswa kelas akhir merekalah yang menjadi panitia acara tersebut. Karena acara ini dituntut untuk spektakuler dikegiatan Panggung Gembira ini terdapat tim, tim tersebut dikomandoi oleh asatidz, Ust. Ghofur sebagai ketua Tim yang bertanggung…

× Ada yang bisa kami bantu ?